Layanan bimbingan "Pengumpulan data"

Pengumpulan data bertujuan untuk mendapatkan pengertian yang lebih luas, lebih lengkap, dan lebih mendalam tentang masing-masing peserta didik, serta membantu siswa dan mahasiswa memperoleh pemahaman akan diri sendiri. Alat pengumpulan data dapat berupa:
  1. Alat tes. Alat tes digunakan untuk meramalkan (memperkirakan), mengadakan seleksi, mengadakan klasifikasi, dan melakukan evaluasi. Adapun pembagian alat tes menurut aspek isi, sebagai berikut:
  • Tes hasil belajar,mengukur apa yang telah dipelajari seseorang di berbagai bidang studi.
  • Tes kemampuan intelektual,mengukur taraf kemampuan berpikir, terutama berkaitan dengan potensi untuk mencapai taraf prestasi tertentu dalam belajar.
  • Tes kemampuan khusus atau tes bakat khusus, mengukur taraf kemampuan seseorang untuk berhasil dalam bidang studi tertentu, bidang pekerjaan tertentu.
  • Tes minat,mengukur kegiatan yang paling disukai seseorang.
  • Tes perkembangan vokasional,mengukur taraf perkembangan individu dalam menduduki suatu pekerjaan atau jabatan.
  • Tes kepribadian, mengukur ciri-ciri kepribadian seperti sifat karakter, gaya temperamen, corak kehidupan emosional, kesehatan mental.
     2.  Alat non tes, digunnakan dalam rangka teknik dan metode non tes, yang lebih menyoroti dimensi kualitatif tingkah laku dan kondisi kehidupan seseorang. Bentuk-bentuk alat non tes sebagai berikut: 
  • Angket tertulis,
  • Wawancara,
  • Otobiografi, merupakan karangan yang ditulis oleh siswa mengenai riwayat hidupnya pada saat sekarang.
  • Anekdota,merupakan laporan singkat tentang perilaku seseorang dan memuat deskripsi obyektif tentang tingkah laku siswa pada saat tertentu.
  • Skala penilaian, merupakan daftar yang berisi sejumlah aitem yang menunjukkan sejauh mana individu dinilai memiliki sifat atau sikap tertentu.
  • Sosiometri, merupakan suatu metode untuk memperoleh data tentang jaringan hubungan sosial dalam suatu kelompok.
  • Kunjungan rumah, bertujuan untuk lebih mengenal lingkungan hidup siswa, jika informasi yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh melalui angket atau wawancara.
  • Kartu pribadi,
  • Studi kasus.
daftar pustaka
Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:
Media Abadi

    2 komentar:

    Anonim mengatakan...

    Thank's Infonya Bray .. !!!

    www.bisnistiket.co.id

    SPEAKER KAMPUNG mengatakan...

    izin untuk melengkapi makalah saya ,,,salam mahasiswa

    Posting Komentar

    8 Nov 2011

    Layanan bimbingan "Pengumpulan data"

    Pengumpulan data bertujuan untuk mendapatkan pengertian yang lebih luas, lebih lengkap, dan lebih mendalam tentang masing-masing peserta didik, serta membantu siswa dan mahasiswa memperoleh pemahaman akan diri sendiri. Alat pengumpulan data dapat berupa:
    1. Alat tes. Alat tes digunakan untuk meramalkan (memperkirakan), mengadakan seleksi, mengadakan klasifikasi, dan melakukan evaluasi. Adapun pembagian alat tes menurut aspek isi, sebagai berikut:
    • Tes hasil belajar,mengukur apa yang telah dipelajari seseorang di berbagai bidang studi.
    • Tes kemampuan intelektual,mengukur taraf kemampuan berpikir, terutama berkaitan dengan potensi untuk mencapai taraf prestasi tertentu dalam belajar.
    • Tes kemampuan khusus atau tes bakat khusus, mengukur taraf kemampuan seseorang untuk berhasil dalam bidang studi tertentu, bidang pekerjaan tertentu.
    • Tes minat,mengukur kegiatan yang paling disukai seseorang.
    • Tes perkembangan vokasional,mengukur taraf perkembangan individu dalam menduduki suatu pekerjaan atau jabatan.
    • Tes kepribadian, mengukur ciri-ciri kepribadian seperti sifat karakter, gaya temperamen, corak kehidupan emosional, kesehatan mental.
         2.  Alat non tes, digunnakan dalam rangka teknik dan metode non tes, yang lebih menyoroti dimensi kualitatif tingkah laku dan kondisi kehidupan seseorang. Bentuk-bentuk alat non tes sebagai berikut: 
    • Angket tertulis,
    • Wawancara,
    • Otobiografi, merupakan karangan yang ditulis oleh siswa mengenai riwayat hidupnya pada saat sekarang.
    • Anekdota,merupakan laporan singkat tentang perilaku seseorang dan memuat deskripsi obyektif tentang tingkah laku siswa pada saat tertentu.
    • Skala penilaian, merupakan daftar yang berisi sejumlah aitem yang menunjukkan sejauh mana individu dinilai memiliki sifat atau sikap tertentu.
    • Sosiometri, merupakan suatu metode untuk memperoleh data tentang jaringan hubungan sosial dalam suatu kelompok.
    • Kunjungan rumah, bertujuan untuk lebih mengenal lingkungan hidup siswa, jika informasi yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh melalui angket atau wawancara.
    • Kartu pribadi,
    • Studi kasus.
    daftar pustaka
    Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:
    Media Abadi

      2 komentar: